Tingkatkan Kinerja Daerah, Bupati Bedah Cascading Perangkat Daerah

Seretnya roda reformasi birokrasi di pemerintahan Kabupaten Bengkulu Selatan, menjadi penyebab capaian prestasi dan kinerja daerah tidak optimal. Indikatornya adalah perolehan nilai hasil evaluasi oleh Kementerian PAN RB, menunjukkan nilai Reformasi Birokrasi Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2020 hanya sebesar 41,16 atau dengan predikat “C”. Hal ini mengindikasikan pelaksanaan reform pada 8 area perubahan belum berjalan maksimal, yang ditandai nilai SAKIP masih 58,38 dengan predikat “CC”, opini atas laporan keuangan masih “WDP”, dan indikator-indikator lainnya.

Berangkat dari kondisi tersebut, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, SE.MM. pun turun tangan langsung membedah cascading seluruh organisasi perangkat daerah yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan, termasuk pemahaman pejabat struktural mulai Eselon II, III dan IV terhadap tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Kegiatan yang sudah berjalan hampir 3 (tiga) minggu tersebut, dilaksanakan full dari pagi, siang sampai malam secara bergantian sebanyak 40 OPD, dan masing-masing pejabat harus menjabarkan pemahamannya terhadap tusi yang harus dijalankannya dihadapan Bupati.

Bupati mengatakan, bahwa dengan membedah cascading perangkat daerah, akan di ketahui tingkat pemahaman pejabat struktural terhadap tupoksinya dan apa yang harus dilakukannya untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan, sehingga tujuan dan sasaran perangkat daerah serta upaya peningkatan kualitas pelayanan publik akan lebih terarah dan tercapai. Dampak lebih besar yang diharapkan, dapat mensupport pencapaian visi dan misi kepala daerah.

“Cascading ini sebagai instrumen untuk mendiagnosa permasalahan yang ada, sehingga bisa dilakukan pengendalian dan merumuskan solusi untuk menyelesaikannya. Dengan kita membedah cascading, maka akan diketahui siapa harus berbuat apa sesuai level-nya. Ketika cascading-nya benar, pemahamannya terhadap tupoksi benar, maka roda pemerintahan akan dapat berjalan sesuai dengan track yang benar, meski siapapun pemimpinnya,” ungkap Bupati.

Kepala Bappeda Litbang, Sukarni, SP.M.Si. yang mendampingi selama dilakukannya pembahasan terhadap cascading perangkat daerah, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Bupati Bengkulu Selatan. Karena dengan dibedahnya cascading, mendorong setiap pejabat struktural kembali mempelajari tupoksi dan dapat menstimulasi penumbuhan inovasi untuk peningkatan kinerja.

“Bupati telah turun tangan untuk membedah cascading perangkat daerah. Ini langkah yang sangat positif, yang menunjukkan komitmen pimpinan guna peningkatan kinerja Pemerintah Daerah. Dan salah satu penguatan nilai Reformasi Birokrasi adalah adanya komitmen pimpinan. Kita berharap komitmen atau kesungguhan Bapak Bupati ini direspon oleh seluruh pejabat, sehingga semuanya bergerak memperbaiki kinerja, yang akhirnya diharapkan dapat mengungkit nilai RB, SAKIP dan Bengkulu Selatan dapat memperoleh WTP, serta indikator prestasi lainnya,” harap Sukarni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here