Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pemerintahan, Bappeda Litbang Hadiri Sosialisasi Permendagri 70 Tahun 2019

Penyelenggaraan pemerintahan yang inovatif, kreatif, cepat dan berdaya saing menjadi hal yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan seiring dengan telah bergulirnya era Revolusi Industri 4.0, dimana persaingan semakin tajam dikarenakan arus komunikasi yang semakin terbuka.

Dalam rangka mendorong penguatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bengkulu Selatan, Kepala Bappeda Litbang Ir. Jonior Hafis, MP didampingi Kasubbid. Data dan Informasi, Antoni menghadiri sosialisasi Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, pada Selasa (15/10) yang diselenggarakan Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri di Jakarta.

Acara sosialisasi, selain pemaparan materi juga diisi dengan acara launching sistem informasi yang terintegrasi antara informasi perencanaan pembangunan dan informasi keuangan daerah, serta informasi pemerintahan daerah lainnya, atau yang disebut Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Kepala Bappeda Litbang bersama Dirjen Bina Bangda Kemendagri

“Integrasi ini sangatlah penting dalam rangka sinkronisasi dan harmonisasi rencana pembangunan dan keuangan daerah, yang nantinya menjadi acuan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di daerah. Hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendorong terwujudnya pencapaian tujuan pembangunan daerah sebagai bagian integral tujuan pembangunan nasional, kata Muhammad Hudori saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri pada acara pembukaan.

Jonior Hafis mengatakan, “Integrasi antara perencanaan, penganggaran dan pengawasan harus dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berbasis elektronik, sehingga dengan sistem yang baik peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dapat diwujudkan.”

Junior Hafis menambahkan, “bahwa integrasi antara perencanaan dan penganggaran daerah merupakan amanat Perpres Nomor 54 Tahun 2018 tentang Stranas PK, dalam rangka efisiensi dan efektivitas tata kelola pemerintahan.”

“Kita akan bangun koordinasi yang kuat agar integrasi sistem ini bisa diwujudkan di Bengkulu Selatan. Kita berharap seluruh komponen pemangku kepentingan mau mendukung untuk mewujudkan Bengkulu Selatan EMAS”, tutup Jonior.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here