UJI PUBLIK KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGIS (KLHS) RPJMD KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2021-2025

Kota Manna,- 17 Desember 2020 telah dilaksanakan kegiatan ” UJI PUBLIK KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGIS ( KLHS ) RPJMD KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2021-2025 “. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang pola Bappeda-Litbang Kabupaten Bengkulu Selatan dan di hadiri oleh seluruh tim penyusun KLHS RPJMD dan tim TEKNOKRATIK RPJMD dan seluruh OPD di lingkungan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dalam acara tersebut hadir pula Kepala Bappeda-Litbang Sukarni, SP.,M.Si dan Asisten ll Kabupaten Bengkulu Selatan Novman Ali SE, yang mewakili Bupati Bengkulu Selatan untuk memberikan kata sabutan dan arahan, dalam acara tersebut beliau mengharapkan semua elemen dapat berkontribusi positif demi Bengkulu Selatan dan terwujudnya masyarakat madani menuju Bengkulu Selatan Elok, Maju, Aman, Sejahtera ( EMAS ) yang berlandaskan CINTA BS.

Selain itu Kepala Bidang Perekonomian, SDA dan Infrastruktur Dwi Prian Dona, ST,ME juga memberikan arahan terkait acara tersebut, dimana beliau menyampaikan dokumen KLHS RPJMD merupakan komponen wajib dalam penyusunan PERDA RPJMD Kabupaten Bengkulu Selatan Periodesasi 2021-2025, dalam tahapannya PERDA RPJMD disusun paling lambat enam buan setelah Bupati terpilih dilantik.

Berdasarkan Permendagri Nomor 7 Tahun 2018 tentang pembuatan dan pelaksanaan kajian lingkungan hidup strategis dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah ( RPJMD ) Pasal 2 ayat 1 bahwa pemerintah daerah membuat dan melaksanakan KLHS RPJMD untuk mewujudkan RPJMD yang sesuai dengan prinsip berkelanjutan.

Acara KLHS RPJMD ini sendiri memiliki tujuan, dimana dalam penyusunan nya untuk menjamin terwujudnya pembangunan yang produktif dan berwawasan lingkungan idup dalam mendukung pemenuhan hak-hak dasar dan peningkatan taraf hidup masyarakat secara berkelanjutan dann untuk menjadi dasar dalam penyusunan RPJMD dan rencana aksi daerah dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan ( TPB ) di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Konsultasi publik kedua ini merupakan tahapan yang harus dilaksanakan dalam penyusunan KLHS RPJMD periodesasi 2021-2025 yang lebih menekankan pada penjamin kualaitas atau penilaian mandiri yang pada nantinya dokumen KLHS RPJMD ini akan divalidasi oleh Gubernur dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu.

Terkahir Dwi Prian Dona, ST,ME menyampaikan Selesainya dokumen KLHS RPJMD dengan tepat waktu yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dokumen RPJMD periodesasi 2021-2025 untuk dijadikan sebagai informasi pendukung sistem pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here