Upayakan Penguatan Pelayanan Publik, Bappeda Litbang Kunjungi Kementerian PAN RB

Salah satu komponen dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan adalah adanya survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh badan publik. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bappeda Litbang Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip, SP.M.Si saat berkunjung ke Bagian Data dan Infomasi, Kementerian PAN RB Republik Indonesia.

Lebih lanjut Sukarni menjelaskan, “Di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, transformasi pelayanan dari manual ke elektronisasi sudah menjadi kebutuhan. Termasuk mekanisme atau instrument dalam melakukan pemetaan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pemerintah daerah.”

Kunjungan Bappeda Litbang Bengkulu Selatan ke Kementerian PAN RB dalam rangka menjajaki kerjasama untuk replikasi aplikasi survey kepuasan masyarakat atau yang disebut SiSukma.

Dalam kunjungan yang dilakukan, Kepala Bappeda Litbang mendapatkan pemaparan tentang beberapa aplikasi yang dimiliki dan sudah diimplementasikan di lingkungan Kementerian PAN RB dan Pemerintah Daerah dipersilahkan melakukan replikasi dengan ketentuan sesuai SOP dan mekanisme yang telah diatur.

“Kita berencana akan menggunakan aplikasi SiSukma ini untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Bengkulu Selatan. Aplikasi survey ini cukup simple dan menarik karena menggunakan emoticon yang tinggal di pencet saja sesuai dengan kualitas pelayanan yang diterima masyarakat,” tutup Sukarni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here