Bappeda Litbang BS Gelar Musrenbang Kabupaten dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024

By Published On: March 21st, 2023Categories: Berita0 Comments

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan dalam hal ini Bappeda Litbang menggelar Musrenbang Kabupaten dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 tingkat Kabupaten, dengan mengusung Tema ” Peningkatan Kesejahteraan dan Ketahanan Ekonomi Masyarakat untuk Pertumbuhan Berkualiatas dan Berkelanjutan “pada selasa (21/3/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo rumah dinas Bupati  Kabupaten Bengkulu Selatan, dibuka secara resmi oleh Gubernur Bengkulu dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Bappeda provinsi Bengkulu Isnan Fajri.

Hadir juga dalam acara tersebut Bupati Bengkulu Selatan, Wakil Bupati, sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, anggota Dewan Provinsi Dapil Bengkulu selatan, Forkopimda,  beserta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Perwakilan Perbankan, akademisi, unsur masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2024 diawali dengan laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Kabid Bidang P2EPD Bappeda Litbang Bengkulu Selatan Rita Ekawati.

Wakil Bupati Rifa’i Tajuddin Dalam hal ini Mewakili Bupati bengkulu Selatan menyampaikan Musrenbang penyusunan RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2024, merupakan musyawarah perencanaan untuk pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan tahun ketiga periode kepemimpinan kami pada tahun 2021-2024. Untuk itu, kami berharap program dan kegiatan pembangunan yang disusun nanti, benar-benar mampu menerjemahkan visi dan misi yang kami bangun, serta dapat diimplementasikan dalam aksi nyata sehingga menjadi pengungkit kesejahteraan masyarakat kabupaten bengkulu selatan.

Untuk menjamin bergeraknya gerbong pembangunan di kabupaten bengkulu selatan, kami telah merumuskan prioritas pembangunan daerah sebagai penuntun dalam pelaksanaan pembangunan diantaranya Pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, Optimalisasi komoditas unggulan dan hilirisasi menuju kemandirian ekonomi, Pengembangan infrastruktur berkualitas dan berkeadilan berwawasan lingkungan, Pembangunan kawasan sumber ekonomi terpadu berbasis agroindustri dan Transformasi tata kelola pemerintahan dan birokrasi berbasis teknologi informasi.

Selanjutnya beliau mengatakan Dalam upaya mencapai keterlaksanaan atas program dan kegiatan, diperlukan kerjasama dan sinergi. Oleh karena itu kami sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah provinsi bengkulu, sehingga program, kegiatan, tujuan dan prioritas pembangunan daerah kabupaten bengkulu selatan dapat berjalan dengan baik dan berhasil, yang akan berkontribusi positif pada pencapaian indikator kinerja pemerintah provinsi bengkulu ungkap beliau.

Kepala Bappeda Litbang BS Fikri Aljauhari S.STP, MM dalam sambutannya menjelaskan Keterbatasan anggaran pada APBD terutama untuk belanja barang dan jasa menjadi kendala dalam melaksanakan program-program prioritas, Pemerintah Daerah dituntut untuk efektif dan efisien dengan cara kolaborasi dan inovasi bersama seluruh stakeholder untuk mendorong percepatan pencapaian peningkatan kesejahteraan masyarakat. Beliau juga menambahkan perkembangan laju pertumbuhan ekonomi
dan PDRB perkapita Kabupaten Bengkulu Selatan dimana Nilai PDRB per kapita Bengkulu Selatan atas dasar harga berlaku sejak tahun 2017 hingga 2021 senantiasa mengalami kenaikan. Pada tahun 2017 PDRB per kapita tercatat sebesar 31,35 juta rupiah. Secara nominal terus mengalami kenaikan hingga tahun 2021 mencapai 36,89 juta rupiah sedangkan Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bengkulu Selatan selalu mengalami percepatan dan tumbuh stabil, hanya saja pada saat pandemi covid-19 mengalami kontraksi sebesar 0,26 dan mulai menunjukkan pertumbuhan positif Kembali sebesar 3,25 pada tahun 2021 dan 3,45 pada tahun 2022 tegas Fikri.

Leave A Comment