Kecamatan Ulu Manna Resmi Gelar Musrenbangcam Tingkat Kecamatan Tahun 2024

By Published On: January 16th, 2024Categories: Berita0 Comments

Manna, Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2024 Tingkat Kecamatan, Selasa (16/001/2024) diselenggarakan di Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yang dibuka langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi dan dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas di jajaran pemerintahan Bengkulu Selatan, Kepala Desa, BPD, Unsur Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Forum Anak Raflesia di Kecamatan Ulu Manna.

Dalam sambutannya, Gusnan Mulyadi menyampaikan musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini pada hakikatnya untuk membahas dan menyepakati secara objektif hasil-hasil Musrenbang pada tingkat desa yang akan menjadi usulan prioritas pemerintah di wilayah Kecamatan. Secara umum harus kita akui bahwa banyak kendala yang akan kita temui di dalam penetapan prioritas program pembangunan yaitu tingkat kesenjangan antara anggaran yang tersedia dengan kebutuhan pembangunan yang sangat dinamis. Untuk menyikapi ini maka perlu dilakukan penajaman perencanaan yang terukur untuk memenuhi tuntutan pembangunan di setiap wilayah Kecamatan.

Kebijakan pemerintah terkait alokasi dana desa kita harapkan secara bertahap akan menjadi sumber utama pembiayaan pembangunan dalam skala desa. Kita harapkan dan bersyukur bila secara bertahap partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui program kegiatan keswadayaan dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Selanjutnya, bagi seluruh perangkat daerah kami ingatkan, untuk mensinergikan usulan desa/kelurahan ini menjadi bagian dari rencana kerja perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Pelajari dan pahami serta pertajamkan kembali rumusan program dan kegiatannya, dengan tetap mengedepankan azas efektifitas, efesien serta pertimbangan kemampuan keuangan daerah. Tunjukkan sikap loyalitas serta etos kerja yang tinggi. Jangan terlena dengan apa yang ada saat ini, tapi mari kita berfikir tentang apa yang harus kita capai untuk beberapa tahun mendatang.

Terkhusus kepada kepala desa, sebagai ujung tombak pembangunan di desa, saya titip pesan untuk ikut berpartisipasi mengawasi pelaksanaan pembangunan serta ciptakan lingkungan yang aman dan terkendali  sehingga proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar tutup Gusnan mengakhiri sambutannya.

Kepala Bappeda Litbang BS Fikri Aljauhari  dalam sambutannya Musrenbang kecamatan merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah. Dalam upaya mengedepankan pendekatan partisipatif dan bottom-up dalam penyusunan rencana pembangunan daerah, yang dilaksanakan dengan mekanisme pembahasan intensif (desk), dalam rangka  klarifikasi terhadap usulan program dan/ kegiatan prioritas yang telah diinput oleh desa/kelurahan dalam aplikasi sipd-ri.kemendagri.go.id yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten bengkulu selatan di wilayah kecamatan.

Beliau juga menambahkan ada Beberapa Poin Penting Yang Harus Menjadi Perhatian Bersama dimana Musrenbang Menjadi Legalitas Usulan Prioritas Masyarakat Yang Akan Dituangkan Dalam Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah Maupun Kabupaten. Jadi Harus Didasarkan Pada Sinkronisasi Program Dan Kegiatan Yang Mengedepankan Prinsip Partisipatif, Efektif, Dan Akuntabel, Usulan Dari Desa Idealnya Selaras Dengan Usulan Yang Disampaikan Pada Saat Anggota Dprd Reses, Sehingga Yang Diperjuangkan Anggota Dprd Selaras Dengan Rencana Yang Disusun Pemerintah Daerah,Perangkat Daerah Wajib Memprioritaskan Usulan Masyarakat Yang Telah Disepakati Dalam Musrenbang Untuk Dimasukkan Ke Dalam Renja Guna Mewujudkan Perencanaan Yang Bottom Up ungkap beliau.

Camat Ulu Manna dalam laporannya menyampaikan agar usulan prioritas di Kecamatan Ulu Manna dapat mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Selatan. Melalui forum Musrenbang ini kita bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan yang kita hadapi, memberikan masukan, saran, dan pendapat yang konstruktif bagi pembangunan di tahun 2024,” ujar Camat Ulu Manna mengakhiri laporannya.

Leave A Comment