Musrenbangcam Tahun 2023 di Kecamatan Manna Resmi di Gelar

By Published On: February 14th, 2023Categories: Berita0 Comments

Manna-,Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023 Tingkat Kecamatan, Selasa (14/02/2023) diselenggarakan di Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifai Tajuddin dan dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas di jajaran Kabupaten Bengkulu Selatan, Kades, Ketua BPD, Unsur Forkopimda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Manna.

Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) adalah salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas/bottom-up planning. Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan musrenbang yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang pada tingkat desa dan/atau kelurahan dengan mengusung tema “PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DAN KETAHANAN EKONOMI MASYARAKAT UNTUK PERTUMBUHAN BERKUALITAS DAN BERKELANJUTAN”

Musrenbang Ini Merupakan Forum Antar Pelaku Pembangunan Dalam Rangka Menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah Untuk Tahun Anggaran 2024. Pelaksanaan Musrenbang Ini Bertujuan Untuk Penajaman, Penyelarasan, Klarifikasi Dan Kesepakatan Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa / Kelurahan, Yang Diintegrasikan Dengan Prioritas Pembangunan Daerah Di Wilayah Kecamatan Sehingga Terbangun Sinkronisasi Program Dan Kegiatan Prioritas Pembangunan Di Kabupaten Bengkulu Selatan Mulai Dari Tingkat Desa, Kecamatan Hingga Kabupaten.

Disamping Itu, Dari Pelaksanaan Musrenbang Ini Nantinya Dapat Ditampung Kebutuhan Pembangunan Usulan Dari Masyarakat Desa Yang Nanti Akan Dipilih Pengusulannya Berdasarkan Potensi Sumber Pendanaan, Baik Itu Dari Dana Desa, Dana Kelurahan, Dana Apbd Kabupaten, Atau Dana Dari Apbd Provinsi Bengkulu, Bahkan Dana Dari Apbn Pusat. Namun Tentunya, Usulan Yang Disampaikan Harus Benar-Benar Sesuai Dengan Kebutuhan Masyarakat Dengan Disertai Kajian Teknisnya.

Teknisnya, Kebutuhan Pembangunan Yang Dananya Bisa Di Handle Dari Dana Desa, Cukup Dimasukkan Dalam Rencana Program Kegiatan Prioritas Di Desa. Untuk Pembangunan Yang Dananya Cukup Besar Bisa Diusulkan Sumber Pendanaannya Dari Apbd Kabupaten, Provinsi Maupun Nasional.

Kepala Bappeda Litbang BS Fikri Aljauhari dalam sambutannya menambahkan Musrenbang tingkat Kecamatan ini merupakan Arah Kebijakan Sesuai Dengan Rpjmd Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2021-2026 Dimana Diarahkan Pada Pemantapan Penurunan Angka Kemiskinan Dan Pengangguran, Pembangunan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Dan Berdaya Saing, Pembangunan Dan Peningkatan Infrastruktur Berkualitas Dan Berkelanjutan, Penguatan Kapasitas Dan Daya Saing Ekonomi Dengan Tetap Memperhatikan Keberlanjutan Lingkungan Hidup Dan Risiko Bencana,  Pemantapan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan Dan Reformasi Birokrasi Berbasis Teknologi Informasi, dan Peningkatan Sinergitas Dan Integrasi Perencanaan Dan Penganggaran Pembangunan Daerah Dengan Perencanaan Pembangunan Desa.

Camat Manna juga menambahkan pembangunan di kecamatan manna ini masih kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu selatan dimana usulan prioritas kecamatan belum juga mendapat tindak lanjut yang serius, dari tahun ketahun program prioritas kecamatan  manna yang diusulkan dalam musrenbangcam ini diantaranya perbaikan jalan desa gunung kembang sampai desa ketaping, perbaikan jalan sentra produksi dari desa jeranglah rendah sampai desa gunung sakti yang masih berlumpur dan perbaikan jembatan gantung didesa padang manis.

Leave A Comment